Di setiap motor baik itu type bebek, sport maupun matic, karet ternyata juga memegang peran penting. Tidak hanya sekedar sebagai bahan dasar ban atau juga bahan handspad dan footstep, terdapat juga banyak suku cadang yang di buat dari bahan karet. Bahkan suku cadang tersebut ada yang masuk dalam kategori komponen penting. Beberapa diantaranya :

Karet Intake Manifold dan Karet Air Filter

Kedua karet ini berhubungan erat dengan fungsi dan kinerja karbu di banyak type motor. Karet intake tugasnya mencekam inlet karbu agar selain kuat terikat dengan silinder. Juga sebagai corong masuknya campuran gas bakar dan udara. Sementara itu karet air filter posisinya di mulut outlet karbu, tugasnya sebagai media penghubungkarbu dan air filter.

Karet Tromol

Posisi karet ini menyatu dengan rumah gir belakang. Selain sebagai tatakan rumah gir belakang ke tromol,karet ini juga dimanfaatkan sebagai peredam hentakkan saat motor berakselerasi. Usahakan untuk selalu melakukkan pengecekkan secara rutin karena jika sudah oblak atau terdapat speeleng antara gir dan tromol. Jika diabaikan akan mengurangi umur rantai dan gir karena putaran gird an rantai tidak pas, Sehingga pergesekkan jadi lebih banyak.

Karet Engine Mounting

Dibeberapa type motor, di setiap lubang dudukan mesin ada yang dilengkapi karet engine mounting. Gunanya adalah untuk meredam getaran besar yang ditimbulkan oleh mesin. Dengan begitu, ergonomic akan meningkat karena minimnya getaran mesin. Sebaliknya jika karet ini sudah rusak atau aus, getaran mesin jadi nggak terkontrol dan bisa mengendurkan baut-mur di braket mesin.

Karet Sil

Sil punya fungsi utama adalah untuk menahan oli agar tidak bocor. Dibagi dalam dua bagian yakni sil karet berbentuk seperti ban, dengan per di dalamnya, yang kedua adalah sil berbentuk karet gelang. Untuk sil model pertama banyak digunakan di gir depan dan belakang,as persneling dan kick stater, sok depan dan stut kopling. Sementara untuk yang model karet gelang, digunakan di tutup-tutup mesin seperti tutup klep, tutup noken as dan juga tutup setelan kamprat. Piranti caliper juga memanfaatkannya seperti dibagian piston kalipernya.

Karet Belt

Khusus untuk belt,karet ini adalah sabuk karet yang diaplikasi di motor type matic sebagai penyalur tenaga dari mesin menuju roda sehingga roda belakang bisa berputar, lazim disebut CTV. Jangka waktu pemakaiannya juga terbatas, antara 10-15 ribu km. Jika berlebih, bias-bisa kelenturan/elastisitas karet berkurang sehingga rawan rusak.

Karet Bos Lubang Belakang

Karet bos berbentuk seperti cincin, ditempatkan di dalam rumah dudukan baut sok breker belakang. Fungsinya sebagai peredam ektra getaran sok dan juga sebagai pemutus gerak yang dihasilkan oleh ayunan sok saat bekerja. Soal batas pemakaian musti diperhitungkan pula, Jangan sampai oblak, Sebab akan mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara.

Diposting oleh muhammad syaifuddin

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates